PALEMBANG SATU-SATUNYA KOTA PENERIMA ADIPURA ASAL SUMATERA KATEGORI METROPOLITAN

PALEMBANG — Setelah menunggu sekian lama, akhirnya Kota Palembang kembali memboyong Piala Adipura yang ke 8 kalinya. Penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup ini diterima langsung oleh Walikota Palembang H. Harnojoyo di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (23/11/2015) malam.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dihadiri ratusan tamu undangan dari seluruh kabupaten dan kota penerima penghargaan. Tak hanya bagi kota dan kabupaten, diberikan pula penghargaan bagi perusahaan yang dianggap memperhatikan lingkungan.

Penghargaan Piala Adipura ini diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI  kepada Walikota Palembang. Yang lebih membanggakan lagi, Palembang merupakan Kota dengan predikat nilai tertinggi dibandingkan dengan Kota-Kota lain peraih Adipura, dan Palembang merupakan satu-satunya Kota kategori Metropolitan yang berasal dari sumatera yang meraih Adipura tersebut.

“Alhamdulillah ini merupakan prestasi membanggakan bagi kita. Hanya saja kita belum berhasil meraih Adipura Kencana, karena kita ada di posisi kedua berdasarkan hasil penilaian berbulan-bulan oleh tim dari Kementrian Pusat,” tutur Harnojoyo  usai menerima penghargaan.

Tidak diraihnya penghargaan Adipura Kencana bukan berarti prestasi Kota Palembang merosot. Justru kalau kita lihat  dari perangkingan, Palembang berhasil naik ke peringkat dua, lebih baik dibandingkan peringkat tahun lalu yang hanya di posisi ketiga.

Tahun ini hanya posisi pertama dari tiap kategori kota yang meraih penghargaan Adipura Kencana. Untuk kota besar diraih surabaya, kota sedang Balikpapan, dan kota kecil kota Kendari.

“Ya sistem penilaiannya berubah dibanding tahun lalu. Kita berhasil meraih peringkat dua, di bawah posisi Surabaya dan di peringkat ketiga Tangerang, dan ini merupakan suatu prestasi serta motivasi untuk kita semua agar selalu menjaga lingkungan, saya sangat bangga dengan pernghargaan ini tetapi lebih dari itu yang selalu ingin saya tanamkan adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan” tutur Harno.

Sumber: Palembang.go.id

Tagged with: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*